Mudik Jogja - Lampung Idul Fitri 1432H.


Niatnya berangkat hari jum'at biar bisa bareng Simbah Harjo Jenggirat BisMania (HJBM) dan buat kejutanlah, alhasil meleset simbah sudah berangkat dihari sebelumnya. It's ok dapat jandanya ndak papa. Ya, mudik kali itu cuma dapat jandanya simbah Harjo Jenggirat BisMania (HJBM) PO Putra Remaja AB 7151 AS dengan sopirnya bernama pak Muji dari Magelang. Alhamdulillah masih dapat salah satu unit baru dari PO Putra Remaja yang berbody New Travego buatan karoseri Adi Putro Malang dengan mesin Mercedes Benz MB OH-1525 Euro 2 keluaran tahun 2009/2010 kalau tidak salah.Selain itu lumayan dapet no. kursi 4, jadi persis dibelakang pak sopir sambil ngawasin tuh sopir jadinya .. Hehe.

Mudik kali ini dalam keadaan kritis, dalam arti ndak punya sangu alias ngepas gitu. Tapi bersyukur banget dah kalau ndak dikasih sangu dari Ibu Dwi Utami ndak tau kayak apa jadinya. Terima kasih banyak ya bu Dwi Utami, hasil keringat ini ... hehe. Ceritannya gini nech, ane kan bawa sepeda lipat 1unit, tas rangsel (Bawa Laptop), tas jinjing (Pakaian) dan 1 kardus (Oleh2 dari simbah). Pas mau naikin tuh barang dipalakla ma tu Helper AB 7151 AS, yach mang bukan rejeki kali ya ... Hehe. Kata sang helper, mas ini kena bagasi soale barange banyak dan bawa sepeda pula (dalam hatiku, ach alasan buat cari seseran ja). Mintalah ongkos bagasi tuh helper dan payahnya kagak boleh ditawar, ya sudah ane kasih dengan senyum sebanyak Rp.{?}"(Rahasia) cukuplah buat makan 2kali selama perjalanan" habislah uang saku ane ... wkwkwkwkwk.

Akhirnya mudik jogja lampung kali ini benar-benar jadi mudik yang prihatin, gimana tidak. Selama perjalanan hanya berbekal air mineral botol, roti sisa yang telah dibuka dikost, kupon makan dan snack dari PO Putra Remaja sudah. Saat perjalanan berfikir dua kali nech buat beli ini dan itu ???

Lanjut cerita, sudahlah sampai pelabuhan merak. Beuh .. Banyak antrian Truck nya, karena waktu itu sudah hampir memasuki H-7 jadi rame-ramenya truck yang bawa logistik dan sembako sebelum mereka tidak diijinkan beroperasi selam arus mudik dan balik Lebaran.

Sampai di loket pembayaran sudah mengantri didepan rombongan PO Rosalia Indah. Lumayan nech nyebrang kali ini masih pagi walau sudah kesiangan ... Santai.com je sopire, Hadewf. Sesampainya di parkiran ternyata masi mengantri dan menunggu bongkar muat kapal kurang lebih selama 1 - 1,5jam. Ya .. kan kudu sabar, perasaan memang dari dulu gitu geh dan malah tambah buruk saat ini, wkakakakak.
Sambil menunggu, ngobrol-ngobrol lah dengan sang driver yaitu pak Muji dan akhirnya giliran pun datang juga. Kata sang driver habis kapal ini pasti KM Windu Karsa tapi ra popo kapale resek kok, ternyata memang benar bus kami dapat jatah KM. Windu Karsa Dwitya dan memang kapalnya bersih. Giliran masuk pertama PO Putra Remaja AB 7150 AS yang masih sejenis dan sepantaran dengan AB 7151 AS.

Semua kendaraan dan penumpang sudah dalam kapal, maka wajiblah semua kendaraan dimatikan dan penumpang bus naik ke ruang tunggu penumpang yang ada diatas kapal. Memang benar KM. Windu Karsa Dwitya kondisi bersih dan lumayan terawat tidak seperti kapal yang lain yang pernah ane naiki.

Bagian Depan Kapal

Bagian Buritan Kapal (Foto dari deck paling atas)

Hehe .. dokumentasi dulu nech ane bareng anak-anak ndak tau siapa juga dan ndak kenale ...
Yang ndak asiek dari mudik ini :
1. Nyopirnya nyante abis, padahal dah pake serep.
2. Helpernya kagak asiek & kurang jaga kebersihan (sst .. toiletnya bau).
3. Kagak ontime .. wkakak.
4. Masak sampai punggur pukul 19.30wib (Alasannya biar ndak putar kepala dan dapat jatah palembang).  
    Ya .. alasan yang masuk akal dan maklumlah, demi sebuah keluarga di kampung halaman agar saat 
    lebaran bisa berkumpul di rumah.
5. Sampai rumah Kota Gajah pukul 21.15wib kurang lebih.

***
=============
***

Banyak pengalaman dan pelajaran dari mudik lebaran Idul Fitri 1432H tahun 2011 ini. Lebaran cuma satu keluarga sendirian se-dusun jadi lebarannya ndak rame, malah kayak ndak lebaran .. Haha. Foto disamping merupakan bapak dan ibu ane saat pulang dari solat Idul Fitri 1432H di lapangan merdeka Kota Gajah. Sepulang dari sholat Idul Fitri ya sudah cuma lihat TV di rumah sambil menghabiskan kue lebaran dan membersihkan rumah, lha gmana wong belum lebaran tapi sudah lebaran trus gmana ???. Rumah sudah beres, ijin pergi ke tanjung karang cari oleh mumpung jalanan sepi dan ada waktu luang. Soale jaraknya jauh, karena dari Kota Gajah untuk ke Tanjung Karang ditempuh dalam waktu 2-3jam sekali perjalanan dan berjarak kurang lebih 60-70km maklum ane anak kampung alias Ndesoooooooooo .... wkakakakak.

Ssssst ... Jangan bilang-bilang kalau ane baru pertama kalinya ke Kota Bandar Lampung selama sudah dewasa ini .. Wkakakak. Tapi harus rela hati untuk meninggalkan si Ragil di rumah, lha gmana cuma berkendaraan dengan sepeda motor mana cukup 3orang .. Hihi. Akhirnya jatuh sakit lah si ragil.

Tiba saatnya mengantar pulang kakak untu studi di Medan pada tanggal 3 September 2011. Berangkat pagi buta pokoknya, pukul 04.30wib dari Kota Gajah jadi kayak mau berangkat berdagang aja ini. Dengan jarak yang sangat jauh dan dikampung maka kudu berangkat pagi buta, karena harus check-in pukul 05.30wib lah. Dibelain sholat Subuh di Bandara Radin Intan II, ternyata sangking ndesooonya tuh Bandara air pun tidak ada dan karena sudah kebelet* (kebiasaan pagi hari) akhirnya memanfaatkan sedikit air yang tersisa dan dengan terpaksa yang penting keluar selanjutnya urusan belakangan ??? ... Wkakakakakak. Nah... baru dah pukul 06.15wib air baru mengalir dengan sadar diri mengambil air wudhu untuk menunaikan ibadah sholat Subuh .. Parah ya ??? Pesawat sudah Boarding, selamat jalan kakak .... Sampai berjumpa lagi, Haha.

***
=============
***

Sedangkan berikut ini adalah saat Arus Balik Lampung - Jogja Idul Fitri 1432H.



Pada tanggal 10 September 2011, saatnya ane dan si ragil balik ke Jogja dengan harapan dapat unit yang bagus dari PO Putra Remaja. Soalnya dari pengalaman apabila naik PO Putra Remaja itu seperti membeli Lotre, nasib baik pastilah dapat unit yang bagus dan baik, nasib buruk ya dapa Odong-Odong dari PO Putra Remaja AB 7072 AK.Alhasil nasib buruk masih menghantui, dapatlah ane PO Putra Remaja AB 7072 AK body New Setra Karoseri Adi Putro yang bermesin Intercooler MB OH-1521. Barang bawaan ane balik kali ini segitu, ternyata sang helper juga bilang kena bagasi cuma seikhlasnya.

Untuk tahap awal perjalanan masih biasa, cuma sudah terasa aneh saat masuk bus pertama kali yakni bus dalam kondisi panas karena AC masih dimatikan tapi ini tanda yang aneh dan tidak biasanya. Pelayanan yang kurang memuaskan dan kurang sesuai, lha gmana tiketnya sudah berharga Rp. 370.000,- cuma dapat snack seperti gambar di atas dan satu kupon makan.

Saat berjalan di daerah Panjang, yah cuma simpangan dengan simbah Harjo Jenggirat BisMani (HJBM) AB 7395 AS. Sampai di Agen Panjang, untuk pertama kalinya dan tidak direncanakan bertemu dengan Pakde Martono Patria seperti terlihat pada gambar disamping ini. Kesan pertama memang mengesankan ... wkakakakakak.

Lepas dari agen panjang satu pesan dari pakde Martono Patria "Awas Storiiing, Semoga Wae Tekan Merak" dan ternyata benar, Sungguh amazing ... Menakjubkan ... Wkakakakak. Tepatnya sampai di Jl. By Pass Soekarno Hatta (Jalinsum), Kalianda di depan RM. Tiga Bersaudara 3 PO Putra Remaja AB 7072 AK Storiiiiiing setelah berhenti di RM. Siang Malam dan berjalan beberapa putaran roda.
Asumsi pertama adalah masuk angin atau anginan, ternyata Bosh-pump nya tidak mampu mengalirkan solar dari tangki ke jaringan mesin. Saat storiiiing ada 2 unit PO Putra Remaja yang menemani, yakni AB 7074 AK body Grand Aristo karoseri New Armada dan AB 7061 AS (Maaf jika salah, tidak hafal) body New Marcopolo buatan karoseri Adi Putro yang bermesin Mercedes Benz MB OH-1526 Euro 3.

Atas segala daya dan upaya, bus diberi tangki penganti atau tangkinya berganti Drigen dengan alasan yang penting bisa sampai RM. Simpang Kapau (atas) di Merak. Sesampainya di Merak langsung diodel-odel lagi dengan mengkanibal 2 unit PO Putra Remaja yang mogok juga. Pengerjaan kurang lebih selama 2-2,5jam hingga akhirnya unit kembali ke keadaan sewajarnya. Bus berangkat dari Merak kurang lebih pukul 04.00wib dengan kondisi yang sewajarnya dan semampunya yang penting sampai jogja, karena PO Putra Remaja tidak mempunyai bus cadangan atau pengganti apabila ada bus yang mogok dan lainya. Rusak ya sudah diperbaiki sampai bisa berjalan kembali .. Parah memang pelayanannya. Alhamdulillah sampai disini saya masih sabar dan memakluminya. Selama perjalanan bus tidak mampu berjalan menapakki aspal dengan normal, seskali berhenti dan berhenti lagi. Pada pukul 10.00wib, bus baru berangkat dari RM. Alam Wisata setelah istirahat sejenak dan menukarkan kupon makan. Singkat cerita, sebelum sampai di Pool Demak Ijo bus harus berhenti selama tiga kali yakni di Sentolo-Klangon-Gamping untuk memompa bosh-pump nya lagi karena bus masih dalam kondisi masuk angin.

Gambar disamping merupakan kondisi dalam bus terakhir saat mogok di klangon.








Pada akhirnya bus masuk ke garasi pukul 21.15wib dengan sabarnya ane memindahkan barang bawaan. Tapi ternyata dari pihak PO Putra Remaja tidak sadar bahwa kami sudah capek dan cukup sabar mendapat pelayanan yang seperti itu. Tetapi setiap manusia mempunyai batas kesabaran, hingga akhirnya tingkat kesabaran pun tak terbendung lagi. ANE MUAK ! Karena pelayanannya yang lambat, barang-barang tidak lekas dibereskan tetapi malah sibuk dengan urusan yang masih bisa ditinggalkan. Ane tinju geh tu body bus, kemudian baru mereka tanggap.


Yang ndak asiek dari balik ini :
1. Tiket harusnya sudah turun, tetapi tetap Rp. 370.000,-
2. Bus mogok dan lumayan parah tidak diganti dengan bus yang layak.
3. Harga tiket yang mahal tidak sesuai dengan pelayanan yang diberikan.
4. Pihak management PO Putra Remaja terkesan lepas tangan, ibarat hanya mencari income saja.
5. Setiap tahun pasti terjadi seperti ini.

SEMOGA DAPAT MENJADI MASUKKAN


Cerita Mudik & Balik Idul Fitri 1432H
starfish7-koga.blogspot.com [+] Powered by Firman Koga
Update, 25 Oktober 2011



What Next?

Related Post:

Subscribe to Addicted Online or subscribe in as a reader

0 Responses to Mudik Penuh Cerita | Jogja - Lampung PP

Poskan Komentar

Terima kasih atas kunjunganya, Sempatkan berkomentar ya !

8 Star Pharmacist AB 7072 AK AB 7150 AS AB 7151 AS AB 7395 AS Achatina fulica Adi Putro AeroQueen AeroQueen Adi Putro AeroQueen Morodadi Prima AFTA Agustus Allantoin Allantoin Journal Alumni Farmasi UAD Alun-Alun Selatan Yogyakarta AM Trans Andrographis paniculata Ness Anugrah Apoteker UAD Apotik Articulated Bus - Inobus Autobody Version Indonesia Bekicot Bekicot sebagai obat Berita Big Bus Restu Ibu Big Bus Trijaya Union BisMania Comunity Blogger Farmasi UAD Blogilicious Blogilicious Trah Yogyakarta Blogilicious Yogyakarta Brochure Brochure Central Karoseri Brochure Kopaja AC Brochure Mercedes-Benz Brochure New Armada Karoseri Brosur Cityline Brosur Evonext Brosur Legacy SKY Brosur Magneto Brosur Medium Bus Hyundai Koty-S Brosur Mitsubishi Brosur Nissan Diesel Bus Brosur Prona Brosur Superbus Brosur Superbus Medium Brosur Tourista Brosur Trijaya Union Built-Up Air Suspension Bulan Bumi Bus Indonesia Bus Malam Bus Mewah Bus Pariwisata Bus Pariwisata Indonesia Bus Pariwisata Jogja Bus Pariwisata Lampung Bus Sekolah Bus Sekolah Paser Buen Kesong Centella asiatica Central Karoseri Chassis Cityline Cityline Laksana Dafi Putra Delima Jaya Design Label Diuretika Equator Evidence Based Medicine Evobus Evonext Evonext New Armada Farmasi Farmasi UAD Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Fitofarmaka Gallery Gallery Bus Gallery SMAN 01 Seputih Banyak Gallery Truck Indonesia GEGE Transport Genesia Harjo Jenggirat Harjo Jenggirat BisMania Harjo Jenggirat BisMania Fans Club Harjo Jenggirat BisMania FC Hepatoprotektor Hepatoprotektor Zingiber officinale Roscoe Hepatotoxicity Parasetamol Herbal Indonesia Herbal TAS-Q Herbal Terstandar Hewan Uji Hino HJBM HJFC Hyundai Hyundai Koty-S ICAI | Ikatan Calon Apoteker Indonesia IdBlogNetwork IIBT 2011 Indonesia Inobus Inspirasi Internet dan Chemdraw Irizar by Adi Putro Irizar PB Iwan Mbelung Jadwal pengganti dan Responsi Praktikum IT Jahe Merah Jakarta Jas Resmi Jetbus Jetbus HD Jetbus HDSE Journal KAFADA Kandungan Kimia Bekicot Karoseri Karoseri Bus Indonesia Karoseri Delima Jaya Bogor Karoseri Gunung Mas Karoseri King Karoseri Travel Karytugas Paramitra KAS Karoseri Magelang Kesehatan KM Windu Karsa Dwitya Kopaja AC Koty-S 136PS Euro 2 Kuliah Etika Profesi Kulit Kunjungan Industri Farmasi UAD 2011 Laksana Lampung Leaflet PromKes Legacy SKY Legacy SKY Laksana Legacy SKY PO Puspa Jaya Legacy SR1 Link Exchange Lomba Semi Seo Blogilicious LP2S UAD Magneto Magneto New Armada MAPRO XXIII Marcopolo Marmut Marmut (Cavia porcellus) Mbelung Fans Club Mbelung FC MBM Medium Bus Restu Ibu Medium Bus Trijaya Union Mercedes Benz Indonesia Mercedes Benz OH 1526 Mercedes Benz OH 1626 LM Mercedes Benz OH 1830 Mercedes-Benz Mercedes-Benz Coach Mercedes-Benz OH 1518 Euro 3 Mercedes-Benz OH 1525 Euro 2 Merpati Bali Micosoft Excel Mini Bus Restu Ibu Mitsubishi Bus Chassis Mitsubishi COLTDiesel Mitsubishi FE 71BC Mitsubishi FE 83BC Mitsubishi FE 84BC Mitsubishi Fuso Morodadi Prima Mudik - Balik Idul Fitri 1432H Multivariate My Bicycle Neoplan New Armada New Celcius New Celcius PO Puspa Jaya New Genesia News Nilai Praktikum IT 2011/2012 Nissan Diesel Bus Nissan Diesel Bus CB 87 Obat tradisional indonesia One-Way ANOVA Paket Tour Pariwisata Parasetamol Pariwisata Patra Armada Transport Pavilium Abiyasa dan Pusat Geriatri Purwokerto PBL Herbal Peje Lovers Pembuatan Body Bus Pengertian SPSS Perbedaan Vaksin dan Serum Perseneling Pharmacy Pharmacy Onthel Community Phoenix GX Picture PKM-P 2011 PKPA RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo (RSMS) Purwokerto Platinum Series PO Adi Jaya PO Agung Jaya PO Bigstar PO Buwana Dieng Transport PO Darma Duta PO Duta Musafir Seputih Raman PO Duta Mussafir PO Metro Permai PO New Bigstar PO Nusantara PO Penantian Utama PO PHB PO Puspa Jaya PO Putra Remaja PO Siger Kencana PO White Shark POCy POCy | Pharmacy Onthel Community | Portal UAD PPN 2011 PPS 2011 Praktikum Informasi dan Teknologi UAD Praktikum IT 2011/2012 PROFIL Program Percepatan Studi (PPS) PromKes Hipertensi Promosi Hesehatan Prona Long Series Prona New Armada PT Bio Farma PT. Tiga Indo Buana (Tiga) Puspa Group Quisioner Alumni R 320 Rahayu Santosa Resep dan Salinan Resep Restu Ibu Restu Ibu Pusaka Review Artikel Ilmiah Roadblog 2011 Sambiloto Sanggar Karya Sari Kacang Hijau Scania Scania Bus Scania Irizar Scania K380IB Scorpion King SCOTT Scale 70 Sejarah dan Perkembangan PT Bio Farma Semina Nasional Farmasi SEO Sepeda Down-Hill (DH) Sepeda Lipat Sepeda MTB Seputar Bus Seragam Apoteker Farmasi UAD Setra Setra Slempang Shuttle Bus Taman Pintar Yogyakarta SigerKencana Bus Transport Signature Class Signature Class PO Nusantara Single Bus - Inobus Sitemap Skania Skripsi SMAN 01 Seputih Banyak Sonic Sonic 3 Scorpion King Sprinter SPSS 16 SPSS Dalam Farmasi Steering Wheel's Sukhoi Superjet 100 Super Excecutive Super Executive Class Superbus Superbus Medium Superbus Medium New Armada Superbus New Armada Syarat Bebas SPP Teh Celup Daun Kepel Teh Celup Daun Sirsak Teknologi Tentrem TOEFL-LIKE Token Ninja Saga Tour Organizer Tourista Tourista Laksana Toyota Dyna Trans Bandar Lampung Trans Sarbagita Transmusi Travel Tri Sakti Trijaya Union Tugas Anda Tugu Yogyakarta Uji Asumsi Homogenitas dan Normalitas Uji Parametrik Universittas Ahmad Dahlan Virago Visit Indonesia 2011 Wayang Transport Website Bus Indonesia White Shark Wound Healing Journal Yogyakarta Zentrum Transport Zingiber officinale Roscoe