Ini merupakan sejarah dari bus tingkat di solo |
Saat ini solo akan ada transportasi wisata baru, yakni Bus tingkat dengan kapasitas 50 kursi dan Kereta Api Railbus yang terdiri dari 3 rangkaian yang dilengkapi dengan rak bagasi dan pendingin AC. Biaya untuk pembuatan satu unitnya masing-masing 1,7miliar (Bus tingkat) dan 16miliar (Kereta Api Railbus).
Dimana bus tingkat tersebut merupakan garapan perusahaan karoseri dari Kab. Magelang (Tri Sakti) model Phoenix, sedangkan kereta api railbus Solo - Wonogiri garapan dari PT. Industri Kereta Api (PT. INKA) yang ada di Madiun. Bus tersebut menggunanakan engine Mercedes-Benz seri MB OH 1518XBC Euro 3. Kombinasi warna interior dan eksteriornya mencerminkan dari Spirit of java.
Dalam sektor transportasi khususnya kereta api, lintas solo - wonogiri yang telah lama tidak aktif dihidupkan kembali. Jalur ini sangat unik karena melintasi tengah kota solo untuk menuju wonogiri utamanya pusat kegiatan perekonomian seperti pasar dan mall maupun wisata yaitu Keraton solo. Operasionalnya dipegang Dinas Pariwisata Seni dan Budaya, perawatan dan perbaikan oleh Dinas Perhubungan Kota Surakarta.
Kereta Api Railbus (PT. INKA - Madiun)
Bus tingkat 50kursi (Phoenix by Tri Sakti - Magelang)
starfish7-koga.blogspot.com
Sumber gambar : Wiradat Anindito & Arif Ai
Powered by Firman Koga
Related Post:
hebat, salut... kita harusnya pny bus tingkat untuk di tiap kota yg padat penduduk dan minim ruang dijalan.. semoga bus ini dirawat dgn baik spt di Hongkong
Iya e ... padahal dulu kan banyak bnget bus tingkat. Sekarang kok seakan tinggal kenangan saja. Semoga kelak bus tingkat hadir kembali bukan hanya sebagai moda transportasi wisata, tetapi juga moda transportasi umum serta terawat juga tuh bus .......